40 Perwakilan Guru dan Orang Tua Siswa Dilatih Untuk Menjadi Fasilitator Keselamatan Lalu Lintas

No Date Now
40 Perwakilan Guru dan Orang Tua Siswa Dilatih Untuk Menjadi Fasilitator Keselamatan Lalu Lintas

Pada tanggal 29 dan 30 April 2019, New Future Disaster Management Center bekerjasama dengan Save the Children melalui program  SELAMAT (Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Lalu Lintas) mengadakan Pelatihan Fasilitator Orang Tua untuk Keselamatan Lalu Lintas.  Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang perwakilan guru dan 20 orang perwakilan orang tua wali dari sekolah dampingan program SELAMAT di Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perwakilan orang tua dari sekolah dampingan program SELAMAT. Perwakilan orangtua yang mendapat pelatihan ini akan dijadikan sebagai fasilitator dalam menerapkan program keselamatan berlalu lintas. Keterlibatan guru dalam kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendukung peran orangtua dalam mewujudkan upaya peningkatan keselamatan lalu lintas dalam keluarga. Diharapkan guru dan orangtua bisa bekerja sama dalam membangun iklim keselamatan lalu lintas yang baik di lingkungan rumah dan sekolah.

Dalam pelatihan ini peserta dilatih untuk mengenali berbagai bentuk perilaku lalu lintas yang tidak aman dan memahami risiko kecelakaan lalu lintas di jalan. Selanjutnya, peserta diminta untuk memetakan perilaku mana saja yang paling berbahaya dan paling berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Melalui metode ini peserta mulai mampu memahami tingginya risiko kecelakaan lalu lintas yang ada di jalan raya. 

Selain diskusi dan mendapatkan materi dari fasilitator, peserta juga mempraktekan aktivitas keselamatan lalu lintas yang diperagakan melalui kerja kelompok. Beberapa peserta mempraktekkan cara menyeberang yang aman, mengendarai sepeda motor yang aman, menaiki kendaraan umum yang aman, dan mengenali berbagai rambu-rambu lalul lintas yang ada di jalan.

Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta tidak hanya memahami cara berlalu lintas yang benar. Namun yang lebih penting adalah mereka mampu mengimbaskan pengetahuan yang dimilikinya kepada orangtua lain. Upaya membangun kesadaran akan keselamatan lalu lintas tidak akan berhasil jika sasarannya hanya satu pihak, maka Save the Children dan New Future Disaster Management Center berinisiatif untuk melakukan kegiatan yang lebih komprehensif dengan pendekatan kepada siswa, guru, dan orangtua melalui program SELAMAT (sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas). Dengan bagitu, upaya membangun kesadaran dan perilaku selamat dalam berlalu lintas.

Pada tanggal 29 dan 30 April 2019, New Future Disaster Management Center bekerjasama dengan Save the Children melalui program  SELAMAT (Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Lalu Lintas) mengadakan Pelatihan Fasilitator Orang Tua untuk Keselamatan Lalu Lintas.  Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang perwakilan guru dan 20 orang perwakilan orang tua wali dari sekolah dampingan program SELAMAT di Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Anonymous Penulis Artikel